Penerapan Desain Permodelan Grafik dalam Bidang Hiburan


Desain pemodelan grafik adalah suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra.

Manfaat desain pemodelan grafik dalam bidang hiburan 
Bidang Hiburan : Dalam bidang yang satu ini penggunaan Desain Pemodelan Grafis sangat berguna misal saja pada setiap acara televisi, sekarang ini sudah hampir semuanya menggunakkan desain grafis. Mulai dari iklan, ftv, sampai film sekalipun supaya jauh lebih menarik.

Konsep Dasar Dari Desain Permodelan Grafik

Kegiatan yang Terkait dengan Desain Permodelan Grafik
  • Pemodelan geometris: menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D. 
  • Rendering: memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk. 
  • Animasi: Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu

Kerangka Desain Permodelan Grafik Interaktif
  • Graphics library/package (contoh: OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware (GraphicsSystem)
  • Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
  • Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
  • Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi dll.

Pemodelan Geometris Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
Shape/bentuk, Posisi, Orientasi (cara pandang), Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur), Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya), Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna) dll.

Dasar Matematika yang Diperlukan dalam Desain Permodelan Grafik
  • Geometry (2D, 3D) : Trigonometry, Vector spaces
  • Points, vectors, dan koordinat : Dot dan cross products

Elemen-elemen Pembentuk Grafik:
  1. Geometri
  2. Pemrosesan Citra untuk Ditampilkan di Layar
  3. Hardware Display Grafik :Vektor dan Raster
  • Vektor (calligraphic, stroke, random-scan)
  • Raster (bitmap, pixmap), digunakandalam layar dan laser printer

Contoh Penerapan Desain Grafik dalam Dunia Hiburan

Pada tugas softskill kali ini saya akan membahas tentang Desain Pemodelan Grafis dibidang hiburan. Dalam bidang hiburan Desain grafis sangat dibutuhkan. Contohnya seperti pada dunia Film, Animasi, hingga Iklan di TV sekarang sudah hampir semuanya menerapkan Desain Permodelan Grafik.

Film
Dari Film sebut saja Avatar, Transformer, Avenger dan masih buanyaaak lagi yang menggunakan Desain Permodelan Grafik, yang sebagian besarnya adalah film fiksi.
Desain Permodelan Grafik membuat semuanya menjadi lebih nyata untuk dilihat, lihat saja Avatar, seolah-olah kita benar-benar berada didunia Pandora, latar tempat Avatar, dan merasakan peperangan yang terjadi antara Bangsa Manusia dan Bangsa Na’vi, ketegangan yang terjadi dan tarikan nafas yang berat terasa benar oleh kita ketika menonton film tersebut
Pandora, Latar Fiksi Film Avatar

Animasi
Bagaimana dengan Animasi? Jangan disebut lagi tentu saja SEMUA animasi menggunakan Desain Permodelan Grafik, yang 2D ataupun 3D, contoh untuk 2D : Donal Bebek, atau animasi dari jepang atau kita sebut dengan Anime seperti Naruto, Bleach dan lain-lain. Untuk contoh 3D seperti Toy Story, Upin Ipin, Up, Escape from Madagascar atau Legend of Guardians : The Owl’s of Ga’hoole dan masih buanyaaak lagi dan tentunya hamper sebagian besar menarik untuk ditonton , disebabkan pemakaian Desain Permodelan Grafik yang “Maximas” didalamnya.
Toy Story
Film Toy Story adalah salah satu film yang memiliki desain grafis paling bagus. Detail gambar serta penggunaan gerak-gerakan benar-benar mirip dengan gerakan tubuh manusia pada umumnya. Kehalusan dalam gerakan menyampaikan kinerja yang baik dan mungkin tidak dapat diraih 2D. Film Toy Story telah menerapkan prinsip-prinsip tradisional animasi untuk media 3 Dimensi dengan tingkat kecanggihan yang sulit diindentifikasi. Animasi 3 dimensi adalah objek animasi yang berada pada ruang 3D. Objek animasi ini dapat dirotasi dan berpindah seperti objek riil.

Poster
Dalam sebuah film penerapan Desain pemodelan grafik pada poster film juga sangat dibutuhkan. Dalam sebuah film poster juga memiliki posisi paling penting. Poster adalah sebuah karya seni grafis yang membuat komposisi gambar atau huruf atau kombinasi keduanya diatas media yang ukurannya relative besar. Poster digunakan dalam rangka promosi . Desain sebuah poster film harus dibuat menarik. Materi dalam sebuah poster harus komunikatif, Provokatif dan mudah diterima oleh semua orang.
Poster Godzilla(2014)

TOOLS

Sekian banyak Tools Desain Grafik yang digunakan dalam bidang hiburan, hanya sedikit yang saya tau. tetapi disini saya akan share beberapa yang saya tau.

Blender

Software 3D Modeling ini masih menjadi senjata bagi para Animator untuk membuat suatu Animasi, dikarenakan sifatnya yang Open Source, dan tampilan yang sudah dipermudah, menjadikan perkembangan Blender menjadi pesat, selain untuk 3D Modeling dan Animasi, Blender juga dapat digunakan untuk membuat Game.
Blender Logo

Interfaces Blender

Maya

Mempunyai fungsi yang sama seperti Blender, tetapi Maya memberikan fitur-fitur yang tidak ada di software Open Source, tampilan jendela yang cukup mudah dan nama yang terkenal, Maya juga menjadi andalan Animator.

Maya

Maya Rendering


Adobe Flash

Perusahaan raksasa Adobe, yang terkenal untuk Software dalam bidang grafisnya, juga menyediakan satu Software untuk pembuatan animasi yaitu Adobe Flash.


Scratch

Ingin mengajarkan anak-anak tentang konsep Animasi? Tanpa harus mengerti cara menggunakan tools-tools sulit untuk Animator Professional, maka kita cukup menggunakan Scratch, dengan fitur Drag and Drop tanpa teknik-teknik khusus, kita dapat mengajari anak-anak.
Scratch

Scratch Interfaces


Virtual Reality

Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user berinteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penerapan Desain Permodelan Grafik dalam Bidang Hiburan"

Post a Comment