Apa itu Startup dan Contoh Bisnis Startup di Indonesia

startup, bisnis, indonesia, pengertian, apa, digital, internet


Apa itu Startup

Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Startup dalam dunia bisnis di Indonesia, sebetulnya apa sih arti dari istilah tersebut ?

Pengertian startup adalah sebuah perusahaan yang baru saja di bangun atau dalam masa rintisan, namun tidak berlaku untuk semua bidang usaha, istilah startup ini lebih di kategorikan untuk perusahaan bidang teknologi dan informasi yang berkembang di dunia internet.

Jenis bisnisnya bisa beragam, misalnya seperti pengembang aplikasi, sistim pembayaran, jasa, perdagangan dan lain sebagainya.

cara, memulai, bisnis, startup, digital, di, indonesia

Di Indonesia sendiri karena perkembangan dunia internet yang sedang pesat-pesatnya, membuat bisnis startup ini semakin banyak bermunculan. Menurut beberapa sumber bahkan jumlah startup lokal saat ini sudah mencapai ribuan, dan tentunya setiap saat masih akan terus bertambah.

Bagaimana dengan peruntungannya ?

Sebetulnya istilah bisnis startup ini sudah ada sejak dari ahir tahun 90 an, dan salah satu contoh startup lokal yang sudah dikenal dan sukses salah satunya pasti kita semua kenal yaitu kaskus. Dengan terus berkembangnya dunia internet hingga sekarang ini, maka semakin banyak juga pelaku bisnis lain yang tertarik dan mulai mendirikan startupnya.

Dengan begitu, tentunya tidak menutup kemungkinan jika kedepan akan bermunculan juga startup-startup sukses lainnya karena di dorong dengan semakin populernya dunia maya di masyarakat kita sekarang ini.

Contoh Startup Lokal Yang Kini Populer

Selain kaskus, contoh lain dari startup lokal yang sekarang ini sudah berhasil sukses dan cukup populer diantaranya adalah
  • Bukalapak
Bukalapak saat ini menjadi salah satu situs jual beli terbesar di Indonesia, didirikan oleh Achmad Zaky yang berasal dari sragen Jawa Timur.
Salah satu layanan yang membuat startup ini di sukai adalah adanya sistim pembayaran yang aman dalam bertransaksi, dimana pembayaran dari pembeli tidak akan langsung di terima penjual, melainkan di tampung sementara di bukalapak, setelah barang di terima dengan baik, barulah penjual bisa melakukan pencairan.
  • Gojek
Tidak perlu diragukan, pastinya pembaca semua sudah mengetahui startup yang satu ini. Go-Jek adalah salah satu startup Indonesia yang pertumbuhannya paling cepat dan paling populer. Bidang utamanya bergerak di bisnis transportasi dan jasa kurir.
  • Tiket.com
Sesuai dengan namanya Tiket.com adalah sebuah startup yang menawarkan jasa pembelian reservasi tiket secara online dengan mudah. Didirikan pada tahun 2011 kini tiket.com mulai berencana mengembangkan bisnisnya hingga keluar Indonesia. Diantaranya Hongkong, Australia, China dan Malaysia kawasan yang akan menjadi sasaran memperluas cakupan pemasarannya.

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian startup dan contoh bisnisnya Indonesia, semoga bermanfaat..

sumber: https://infopeluangusaha.org/pengertian-startup-dan-contoh-bisnisnya-di-indonesia/

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Apa itu Startup dan Contoh Bisnis Startup di Indonesia"

  1. Asslamulaiku wr wb saya AHMAD FAHRI ingin berbagi pengalaman
    sekitar 3 bulan yg lalu usaha saya bankrut sampai saya harus mujual rumah yang di wariskan orang tua,dan dimana kalah itu saya dan keluarga saya harus menupang di rumah saudar.Tapi ketika
    Saya mecoba untuk bangkit kembali dan saya di berituakan oleh sahabat saya dan meyampaikan
    Kepada saya jika kamu mau seprti dulu lagi cobalah kamu konsultasi dengan KY SABRONG yang menawarkan pesugihan putih atau islam tampa harus ada yang namanya tubul,alamadulillah setelah saya kunsultan dan ikut dalam pesugihan putih tampa tumbal KY SABRONG ekonomi dan keuangan keluarga saya tercukupi kembali dan malah lebih,jadi Bagi yang percaya atau berniat silahkan kunsultan atau ikut dalam pesugihan putih tampa tumbal KY SABRONG.atau kunjungi wabsite
    https://pesugihanputihtampatumbal.blogspot.co.id/
    KLIK DISINI

    ReplyDelete
  2. Terimakasih infonya jangan lupa mampir

    Jangan lupa mampir Software Manajamen Keuangan

    ReplyDelete

  3. Thanks infonya. Oiya ngomongin startup, temen-temen penasaran ga sih bagaimana cara mereka mendapatkan keuntungan? Maklum aja, soalnya kan mereka sering banget tuh yang namanya ‘bakar duit’. Yuk, cek jawabannya di sini: Cara startup mendapat keuntungan

    ReplyDelete
  4. Sangat bermanfaat sekali.

    Sebetulnya istilah bisnis startup ini sudah ada sejak dari ahir tahun 90 an, dan salah satu contoh startup lokal yang sudah dikenal dan sukses salah satunya pasti kita semua kenal yaitu kaskus. Dengan terus berkembangnya dunia internet hingga sekarang ini, maka semakin banyak juga pelaku bisnis lain yang tertarik dan mulai mendirikan startupnya Jasa SEO

    ReplyDelete