Pengantar Bisnis Informatika #3


Nama Kelompok:
-          Rayhan Pamungkas (55415707)
-          Reyhansyah Prawira (55415802)
-          Satyo Priyangka (56415441)
-          Tito Tristi (56415914)
-          Wildan R Wijanarko (57415152)


PT. Digital Sejahtera Indonesia (DSI)


Ringkasan Tentang Perusahaan
PT. Digital Sejahtera merupakan perusahaan yang didirikan oleh Wildan R Wijanarko, M.B.A, pada tahun 1886. Perusahaan ini menyediakan server dengan kualitas terbaik yang dapat diakses dengan cepat dari seluruh belahan dunia yang bukan hanya dari Indonesia saja, sehingga kami mampu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pengunjung yang mengakses website pelanggan kami.


Tujuan Perusahaan

PT. Digital Sejahtera memiliki tujuan untuk satu hal saja – yakni menjamin kepercayaan pelanggan terhadap PT. Digital Sejahtera  dapat kami jaga dengan sepenuh hati dan penuh rasa tanggung jawab.


VISI DAN MISI PERUSAHAAN

Visi dan Misi Perusahaan telah kami bangun bersama, dan siap untuk kami operasionalisasikan. Setiap langkah, kami akan selalu menerapkan nilai-nilai yang juga telah kami kembangkan bersama.

Prosedur Pendirian PT. Digital Sejahtera

  • Perusahaan berjenis Perseroan Terbatas (PT) harus didirikan oleh minimal dua orang atau lebih.
  • Telah memiliki akta asli dari notaris dalam Bahasa Indonesia yang telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan Ham.
  • Menyiapkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) masing-masing pendiri atau pemegang saham.
  • Menyiapkan fotokopi Kartu Keluarga (KK) bagi pihak pendiri yang akan menjabat sebagai direktur.
  • Salinan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) direktur disertai dengan pas foto berukuran 3×4 berwarna sebanyak dua lembar.
  • Menyiapkan nama PT. Nama wajib terdiri dari tiga suku kata tanpa mengandung bahasa atau serapan asing.
  • Menyiapkan lokasi. Jika menyewa ruang kantor, pendiri wajib menyertakan salinan PBB dan bukti kepemilikan tempat usaha. Lokasi pendirian PT tidak boleh berada di wilayah pemukiman warga.
  • Memiliki modal disetor minimal 25% dari modal dasar.

SDM dan Organisasi

Wildan R Wijanarko, M.B.A,
Posisi: Founder dan CEO

Tito Tristi, S.T, M.T,
Posisi : CTO (Chief Technical Officer)
Orang yang bertanggung jawab pada kualitas akhir, karena ia mengelola tim engineer selama prosesnya. CTO juga penting untuk bertindak sebagai ahli teknologi dan seorang pemimpin.
  • Menyatukan pengembangan produk
  • Memahami perkembangan teknologi saat ini dan pengadopsiannya
  • Mengelola pengembangan produk

Rayhan Pamungkas, S.E, M.E,
Posisi : CFO (Chief Financial Officer)
Orang yang bertanggung jawab atas pelaporan, penggalangan dana, dan penganggaran. Pada tahap awal sebuah startup, ia juga bertanggung jawab pada penggajian dan sumber daya manusia.
Tanggung jawab CFO meliputi:
  • Membentuk strategi penggalangan dana
  • Membuat keputusan yang berhubungan dengan sumber daya manusia
  • Merumuskan dokumen keuangan
  • Membahas kesehatan keuangan perusahaan dengan CEO

Satyo Priyangka, S.I.Kom., M.T,
Posisi : WP Penjualan (Wakil Presiden Penjualan)
Orang yang memiliki peran penting untuk menghasilkan keuntungan.
Tugas-tugas utama dari WP Penjualan adalah:
  • Menghasilkan keuntungan
  • Mengembangkan strategi pemasaran dengan CMO
  • Memahami kebutuhan konsumen dan mengembangkan nilai tambah yang menarik
Reyhansyah Prawira, S.T., M.T,
Posisi : COO (Chief Operating Officer)
Orang yang bertanggung jawab atas operasional internal perusahaan, seperti operasional kantor, karyawan, hingga bisnis.
Tanggung jawab COO meliputi:
  • Mengatur perusahaan
  • Bertindak sebagai penghubung antara karyawan dan CEO
  • Mengatur bisnis inti

Strategi Pemasaran

            Strategi pemasaran yang digunakan PT. Digital Sejahtera adalah dengan melalui penyebaran iklan melalui media cetak dan elektronik.

Aspek Pemasaran

  • Spesifikasi Produk
Produk yang ditawarkan kepada pasar merupakan produk yang dapat memenuhi permintaan pasar, dari segi kualitas serta kuantitas. Pada perusahaan ini produk yang kita jualkan adalah penyediaan server data center
  • Segmentasi Produk
Segmentasi produk merupakan proses pembagian produk ke dalam beberapa jenis karakteristik dari sebuah produk yang diproduksi dengan berbagai tipe inovasi yang dikembangkan.
  • Analisa Situasi Pasar
Untuk melempar produk ke pasaran, perusahaan wajib menganalisa situasi pasar, dimana perusahaan harus mencari tahu kebutuhan konsumesn sehingga produksi yang di lakukan oleh perusahaan memenuhi kuantitas dari permintaan sehingga memperoleh keuntungan yang maksimal.
  • Analisa Pesaing
Dalam dunia bisnis tentu akan banyak persaingan dengan perusahaan lain yang memproduksi produk yang sama, oleh karena itu sebuah perusahaan wajib menganalisa produk yang ditawarkan oleh pesaing serta harga yang dilempar kepasaran, sehingga perusahaan dapat memproduksi produk yang memiliki kualitas tidak kalah dengan kualitas produk pesaing serta harga jual pasar yang dapat distandarisasikan untuk menghindari kerugian dari segi produksi, penjualan, serta kepercayaan konsumen.

  • Strategi Promosi
Promosi merupakan kegiatan pemasaran produk yang sangat penting. Promosi membuat produk yang ingin dipasarkan menjadi dikenal oleh konsumen sehingga memberikan kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk perusahaan. Promosi adalah memberikan informasi kepada pasar tentang produk yang dipasarkan, untuk meningkatkan permintaan, penjualan, laba, dan nilai suatu produk. Strategi-strategi yang dapat ditawarkan saat melakukan promosi dapat berupa, pemberian diskon harga, produk dengan kualitas tinggi dengan harga jual yang murah, produk yang ditawarkan memiliki edisi tertentu sehingga menjadi sebuah produk yang langkah, atau dengan menempelkan nama-nama public figur(biaya promosi cukup besar).

  • Promosi
Promosi berbasis teknologi informatika merupakan promosi yang paling baik saat ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya website-website atau forum-forum yang menawaran jasa penjualan produk atau yang lebih dikenal e-commerce.

Aspek Keuangan


A. Komponen-komponen Biaya
Secara umum dalam pelaksanaan proyek, komponen biaya dibagi atas:
  • Biaya personil adalah komponen-komponen biaya yang dikeluarkan untuk membayar honor dan gaji tim kerja yang bekerja dengan kita. Hitung komponen biaya berdasarkan kesepakatan dengan anggota tim, apakah akan berdasarkan orang-jam/man-hour, oranghari/man-day atau orang-bulan/man-month. Masukkan seluruh anggota tim kerja dari mulai Manajer Proyek sampai Office-boy yang membantu kelancaran pekerjaan tim.
Total Modal Personil PT. Digital Sejahtera: Rp. 1.500.000.000
  • Biaya nonpersonil adalah komponen-komponen biaya yang harus dikeluarkan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan proyek. Komponen-komponen biaya tersebut antara lain:
  1. Biaya Transportasi, Hitung kebutuhan transportasi baik untuk di dalam kota maupun luar kota. Untuk transportasi dalam kota dapat menggunakan perhitungan estimasi harga per liter premium untuk per lima kilometer jarak.
  2. Biaya Allowance Penugasan Luar Kantor, Pada saat berangkat untuk penugasan luar kota tentunya ada biaya tambahan untuk kita maupun tim kerja yang ditugaskan. Untuk menghitung biaya allowance ini dapat menggunakan contoh sebagai berikut:+ Uang makan 3 kali sehari Rp 90.000,- (jika penugasan luar kota)
    + Biaya komunikasi sehari Rp 15.000,-
  3. Biaya Rutin adalah ongkos-ongkos yang harus dikeluarkan rutin selama kegiatan berlangsung seperti telepon, sambungan internet, korespondensi, listrik, air, gas, keamanan, pemeliharaan, dan sebagainya.
  4. Biaya Pemanfaatan Peralatan dan Sewa adalah ongkos-ongkos yang harus dikeluarkan seperti sewa ruangan (kerja/produksi, presentasi dan pelatihan), komputer, printer, kendaraan, dan sebagainya. Masukkan seluruh komponen tersebut sekalipun tidak disampaikan kepada klien karena biasanya mereka menolak untuk membayar beban-beban tersebut.
  5. Biaya Belanja Barang Pakai Habis adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli barang-barang seperti kertas, alat tulis kantor, tinta printer, disket, CD/DVD, dan sebagainya.
  6. Biaya Penyusunan Laporan adalah biaya yang harus dikeluarkan dalam penyusunan laporan kegiatan dan modul user manual dari misalnya: proyek aplikasi perangkat lunak yang kita bangun. Perkirakan berapa biaya yang habis untuk kerja orang yang mengetik dan mengeditnya, pencetakan, pemaketan dan pengirimannya.
Total Modal Non-Personil PT. Digital Sejahtera: Rp. 1.000.000.000

B. Estimasi biaya
Definisi perkiraan biaya adalah seni memperkirakan kemungkinan jumlah biaya yang diperlukan untuk suatu kegiatan yang didasarkan pada informasi yang tersedia pada waktu itu (Iman Soeharto_National Estimating Society USA), berdasarkan definisi, tersebut maka perkiraan biaya mempunyai pengertian sebagai berikut :
  • Perkiraan biaya yaitu melihat, memperhitungkan dan mengadakan perkiraan atas hal-hal yang akan terjadi selanjutnya
  • Analisis biaya yang berarti pengkajian dan pembahasan biaya yang pernah ada yang digunakan sebagai informasi yang penting

           
Rincian Biaya

Item
Jumlah
Biaya Pembangunan Gedung
750.000.000
Biaya Listrik dan PDAM
50.000.000
Biaya Operasional
125.000.000
Unit Perangkat Keras
150.000.000
Tenaga Kerja
500.000.000
Perangkat Server
925.000.000

TOTAL

2.500.000.000

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengantar Bisnis Informatika #3"

Post a Comment