Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan Psikologis


Ilmu Budaya Dasar

Apa yang dimaksud dengan Ilmu Budaya Dasar? Jika kita mengartikannya Ilmu Budaya Dasar adalah Ilmu yang mempalajari tentang Budaya, ya benar. Tapi sebelumnya apa yang dimaksud dengan Budaya? Budaya berasal dari bahasa Sanskerta yaitu Buddhayah yang merupakan bentuk jamak buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Jadi Budaya ialah kebiasaan,cara hidup,atau lebih teepatnya suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok dan diwariskan dari generasi ke generasi. Jadi dapat kita simpulkan bahwa Ilmu Budaya Dasar ialah Ilmu yang mempelajari pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Tujuan dari mempelajari Ilmu Budaya Dasar ialah usaha untuk mengembangkan suatu penyajian yang mencangkup masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Ilmu Budaya Dasar semata-mata sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan. Memperluas pandangannya serta pemikiran dan kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut alam disekitarnya, orang lain, dan dirinya sendiri.


Psikologi

Secara etimologis Psikologi berasal dari bahasa yunani Psyche yang berarti “jiwa” dan Logos yang artinya “ilmu”. Dengan demikian Psikologi dapat diartikan sebagai Ilmu yang mempelajari tentang jiwa manusia. Tapi dalam perkembangannya Psikologi tidak menjadikan "jiwa" sebagai objek kajian, lebih tepatnya mengkaji gejala-gejala kejiwaan yang muncul dalam tingkah laku manusia. Jadi Psikologi adalah ilmu pengetahuan tentang jiwa atau ilmu jiwa dan juga ilmu yang mempelajari perilaku,sebagai manifestasi dari kesadaran, proses, mental, aktivitas motorik, kognitif dan juga emosional.

Tujuan dari mempelajari Psikologi adalah Mendeskripsikan beraneka macam perilaku organisme. Menjelaskan sebab-sebab dari perilaku. Memprediksikan bagaimana organisme akan berperilaku dalam situasi tertentu. Mengontrol perilaku makhluk hidup.


Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan Psikologi

Jadi, pada dasarnya kebudayaan pada suatu masyarakat merupakan perwujudan manusiawi dari individu-individu yang berada dalam masyarakat pendukungnya sehingga permasalahan kebudayaan akan selalu berkembang sejalan dengan perkembangan pola pikir dan kebutuhan manusia yang sudah barang tentu tidak bisa lepas dari aspek psikologis dan kepribadian dari orang-orang dalam masyarakat tersebut.

Dalam konsep yang paling dominan kebudayaan dapat dimaknai sebagai fenomena material, sehingga menurut faham ini pemahaman dan pemaknaan kebudayaan lebih banyak dicermati sebagai keseluruhan system gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar (Koentjaraningrat, 1980 : 193).
Sejalan dengan pengertian tersebut maka tingkah laku manusia sebagai anggota masyarakat akan terikat oleh kebudayaan yang terlihat wujudnya dalam berbagai pranata yang berfungsi sebagai mekanisme kontrol bagi tingkah laku manusia (Geertz, 1973), kebudayaan adalah segala sesuatu yang dipelajari dan dialami bersama secara sosial, oleh para anggota suatu masyarakat. Sehingga suatu kebudayaan bukanlah hanya akumulasi dari kebiasaan (Folkways) dan tata kelakuan (mores ) tetapi suatu sistem perilaku yang terorganisasi.


Contoh Fenomena yang ada di masyrakata tentang Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan Psikologi

Contoh dalam kehidupan sehari-sehari , komunikasi antar keluarga, pergaulan kita terhadap teman, yang mungkin kita dapat mengetahui bagaimana kita dapat memahami sifat dan karakteristik setiap orang. Begitupun dalam bermasyarakat, dalam interaksi kita harus memahami norma- norma dalam masyarakat agar tercipta keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. Contoh lainnya seperti, dalam aspek bersikap dalam kehidupan yang berbeda beda sehingga kita dapat menempatkan diri pada situasi apapun yang akan kita hadapi. Dalam penerapan ilmu ini factor pendukungnya antara lain adalah agama atau kepercayaan kita terhadap tuhan, dimana dalam agama itu sendiri kita sudah pasti diajarkan bagaimana kita harus menjaga interaksi kita terhadap tuhan dan sesama manusia, agar tercipta hubungan yang harmonis dalam kehidupan. Inti dari ilmu budaya dasar dalah kehidupan bermasyarakat, yaitu sejauh apa ilmu budaya dasar dapat mempengaruhi sikap dan tata cara kita dalam bermasyarakat. Bila kita sudah mempunyai dasar yang kuat, dapat diyakini bahwa kita akan dapat membawa diri dalam masyarakat.

sumber

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan Psikologis"

Post a Comment